Peredaran Darah dan Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

   

Mekanisme peredaran darah manusia terbagi menjadi dua, yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil terjadi dari jantung ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung. Ini dimulai dari ketika darah yang mengandung banyak CO2 di bilik kanan dipompa ke paru-paru melalui pembuluh arteri pulmonalis. Di paru-paru, tepatnya pada bagian alveolus terjadi pertukaran gas CO2 dengan O2. Darah yang mengandung O2 dialirkan kembali ke jantung pada bagian serambi kiri melalui vena pulmonalis.

Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar terjadi dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung. Disini, darah kaya O2 dipompa oleh bilik kiri untuk diedarkan ke seluruh tubuh melalui aorta. Sementara itu darah yang mengandung CO2 dari seluruh tubuh memasuki serambi kanan melalui pembuluh darah vena kava superior (untuk tubuh bagian atas) dan vena kava inferior (untuk tubuh bagian bawah).

Jangan Lupa Like, Share dan Subscribe Channel YouTube Fathir Habib Ya :)

On Channel Fathir Habib about vlogs and many more random funny videos, learning video, artist videos, etc. Hopefully it can make you smile. If you're a YouTuber or an online Fathir Habib, we'd love to have you subscribe and join us!

Untuk penjelasan lengkapnya, saksikan video berikut ini :