Pupuk Guano

   

Pupuk Guano merupakan pupuk yang termasuk ke dalam jenis pupuk organik. Pupuk guano adalah pupuk yang berasal dari kotoran burung liar (bukan burung peliharaan) yang memiliki kandungan hara paling tinggi dibandingkan pupuk organik dari jenis lain. Pupuk ini terhitung pupuk yang tidak kalah dibandingkan dengan pupuk lainnya. Menurut penelitian, kotoran burung banyak mengandung unsur hara makro dan mikro bagi tanaman karena berisi biji-bijian yang berasal dari tanaman.

Salah satu kotoran burung yang kini sangat terkenal manfaatnya sebagai pupuk adalah kotoran kelelawar. Pupuk Guano ini kaya akan unsur hara seperti nitrogen 8,0-13%, fosfor 5-12%, kalium 1,5-2,5%, kalsium 7,5-11%, magnesium 0,5-1?n sulfur 2,0-3,5%. Oleh karena sangat manjur sebagai penyubur tanah dan kaya akan unsur sehingga banyak orang memburunya ke gua-gua.

Perbedaan Pupuk Guano dengan Humus

Dibanding dengan humus, pengadaan pupuk guano jauh lebih sulit. Jika ada yang menjualnya harganya sangat mahal. Umumnya pupuk ini jarang diberikan pada tanaman, tetapi dicampur dengan pupuk kandang atau kompos. Pupuk Guano yang diperdagangkan pun sangat jarang yang murni berupa kotoran kelelawar.

Pemakaian pupuk guano sama dengan humus, hanya terbatas untuk tanaman kesayangan. Hal ini karena harganya hampir tujuh kali lipat dari pupuk urea. Dosisnya sesuai dengan petunjuk kemasan kotoran kelelawar, yaitu cukup ditaburkan sebanyak 2-3 sendok makan per tanaman lalu disiram. Pemupukan dengan dosis yang sama diulang kembali sebulan kemudian. Selain pupuk kotoran kelelawar, pupuk lain yang diperjual belikan di pasaran saat ini adalah pupuk kotoran wallet.